July 18, 2008...8:13 am

Kafein Bantu Pertahanan Ketrampilan Kognitif Perempuan

Jump to Comments

Coffee Girl
Coffee Girl

Sebuah studi baru Perancis menemukan, kafein dapat membantu pertahanan ketrampilan kognitif perempuan. Perempuan yang minum kopi 3 cangkir atau lebih sehari berkemungkinan lebih kecil 30% mengalami penurunan ingatan pada umur 65 tahun dibanding yang hanya minum 1 cangkir atau kurang per hari.
Kasiat ini meningkat dengan peningkatan umur. Perempuan berumur di atas 80 tahun yang minum kopi 3 cangkir atau lebih perhari berkemungkinan lebih kecil 70% mengalami penurunan ingatan disbanding yang hanya minum kopi 1 cangkir atau kurang
Studi menemukan, kafein the mempunyai khasiat yang sama pada perempuan, kendati untuk mendapatkan khasiat ini harus minum lebih banyak teh. Perbandingannya adalah 2 cangkir teh untuk 1 cangkir kopi.
Tim periset dari French National Institute for Health and Medical Research ini tidak menemukan khasiat untuk pria. Belum ditemukan penyebab pasti mengapa pria tidak mendapatkan khasiat ini. Para periset menduga, kopi dimetabolisasi secara beda pada pria dan perempuan. Atau kemungkinan kafein berinteraksi dengan hormone seks, keseimbangan estrogen-progesterone. Untuk studi ini para periset merekrut 7000 perempuan dan pria dari 3 kota Perancis.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

You must be logged in to post a comment.